Custom Search

Minggu, 24 April 2016

Bisnis Pertanian

Bisnis Pupuk Organik Berbasis Ramah Lingkungan

Dalam era moderen seperti sekarang ini entah di sadari ataupun tidak upaya pengadaan segala sesuatunya cendrung bersifat instan. Oleh karena itu tidaklah mengherankan kalau hasil akhirnyapun cendrung kurang baik.

Sebagai satu contoh pemakaian berbagai macam pestisida saat menanam palawija, di satu sisi tanaman bisa lebih cepat tumbuh dan menghasilkan namun di sisi lain berdampak kurang baik terhadap kesehatan konsumen.

Ibaratkan hukum sebab akibat dalam melakukan setiap kegiatan kita akan selalu di hadapkan pada dua pilihan namun demikian seyogyanya kita harus bersikap bijak jangan sampai apa yang kita lakukan justru merugikan kepentingan orang banyak.


Seperti misalnya pemakaian berbagai macam pestisida pada tanaman di samping merubah kesuburan tanah, meningkatnya intensitas pencemaran udara juga akan meracuni tubuh kita sendiri.

Melihat fenomena alam akhir akhir ini perubahan iklim di berbagai belahan dunia tidak bisa di lepaskan dari penggunaan bahan bahan kimia secara berlebihan. Semakin pendeknya umur manusia salah satu sebabnya karena makanan yang di konsumsi banyak mengandung racun di samping tentunya akan merangsang timbulnya berbagai macam penyakit. Kalau hal ini di biarkan tentu akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia itu sendiri.

Penggunaan Pupuk Organik Sebagai Penyubur Tanaman Secara Alami

Upaya penggunaan pupuk organik saat ini bisa di katakan sangatlah minim, hal tersebut di sebabkan karena sebagian besar petani sudah terbiasa menggunakan bahan bahan kimia untuk bisa lebih cepat menghasilkan.

Dalam hal ini mereka para petani lebih berorientasi pada hasil yang lebih cepat sekalipun mereka tahu akibat buruk yang di timbulkannya. Mereka seakan tidak punya pilihan karena dalam kesehariannya merekapun di tuntut untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup lainnya.

Menghadapi situasi seperti ini peran serta instansi terkait yang membawahi bidang pertanian sudah seharusnya bertindak cepat dan secara berkesinambungan memberikan penyuluhan kepada para petani agar mereka mampu merubah pola pikir bahwa penggunaan bahan kimia secara berlebihan pada tanaman akan berdampak kurang baik terhadap kesehatan lingkungan dan juga kebersihan udara.

Penggunaan pupuk organik sebagai penyubur tanaman dalam prosesnya memang membutuhkan waktu yang lebih panjang namun akan berdampak positif terhadap kesehatan manusia secara menyeluruh di samping tentunya untuk menghindari pencemaran udara.

Menyadari akan dampak positif yang bisa di dapat pengolahan sampah menjadi bahan dasar pembuatan pupuk organik bisa di jadikan peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Selamat mencoba dan jagalah selalu kebersihan lingkungan di sekitar kita dengan memanfaatkan sampah sebagai sumber pendapatan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar